Thursday 2 May 2013

Cara membuat simulasi jaringan VLAN menggunakan cisco packet tracer






bagaimana cara membuat jaringan Vlan di cisco paket tracer ?
berikut ini adalah langkah- langkah cara membuat jaringan vlan di cisco paket tracer.apa itu jaringan VLAN(Virtual Local Area Nework) ? .jaringan VLAN Adalah metode untuk menciptakan jaringan-jaringan yang secara logika tersusun sendiri-sendiri. VLAN sendiri berada dalam jaringan Local Area Network (LAN), sehingga dalam jaringan (LAN) bisa terdapat satu atau lebih VLAN. Dengan demikian kita dapat mengambil kesimpulan bahwa dalam dalam suatu jaringan, kita dapat membuat lagi satu atau lebih jaringan (jaringan di dalam jaringan).Konfigurasi VLAN itu sendiri dilakukan melalui perangkat lunak (software), sehingga walaupun komputer tersebut berpindah tempat, tetapi ia tetap berada pada jaringan VLAN yang sama.
Berikut tahap tahap pembuatannya :

1. Klik Start --> All Programs --> kemudian pilih Packet Tracer atau anda dapat langsung double klik sourtcutnya pada desktop komputer anda.
2. Untuk membuat VLAN, terlebih dahulu kita harus membuat suatu jaringan. Disini saya membuat jaringan komputer dari 10 komputer yang terhubung ke Switch kemudian akan membaginya menjadi 5 VLAN, sehingga setiap VLAN mempunyai 2 komputer yang terhubung ke jaringan.

3. Untuk menggambarkan Switch, Pilih Switch pada bagian kiri bawah setelah itu pilih switch yang paling ujung type 2950-24.

4. Setelah switch terbentuk selanjutnya, pilih End Device untuk menggambarkan komputer .kasih 10 gambar komputer karena disini saya menggunakan 10 jaringan komputer.

5. Kemudian atur IP Address tiap komputer dengan cara mengklik gambar komputer yang ada di stage tersebut sehingga muncul tampilan seperti di bawah. Pilih Config >> FastEthernet kemudian isi IP Address dan Subnet Mask. IP Address pada komputer 1 yaitu 192.168.1.1 dan selanjutnya bertambah satu tiap komputer sampai 192.168.1.10 pada komputer 10 .. Setelah gambar Switch dan komputer terbentuk, selanjutnya kita hubungkan dengan kabel straight.

6. Setelah Switch dan Komputer terbentuk, selanjutnya kita akan membuat VLAN dan membaginya menjadi 5 VLAN. Jadi tiap VLAN terdapat 2 komputer yang terhubung ke jaringan. Caranya yaitu dengan mengklik pada gambar Switch yang ada di stage sehingga akan muncul tampilan seperti gambar di bawah. Pilih Config >> VLAN Database kemudian isi VLAN Name dan VLAN Number sesuai dengan VLAN yang kita butuhkan kemudian Add. Dalam hal ini kita membuat 5 VLAN.

7. Setelah membuat VLAN baru (sehingga sekarang terdapat 5 VLAN), kita akan mengatur komputer mana saja yang akan terhubung ke VLAN1 sampai VLAN5. Caranya yaitu dengan mengklik pada gambar Switch yang ada di stage sehingga akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah. Pilih Config >> FastEthernet0/1 (berarti komputer 1). “Access” berarti terhubung antar komputer dan switch.Perhatikan VLAN yang dipilih adalah VLAN 1 berarti komputer 1 masuk ke VLAN 1. Lakukan hal yang sama sampai pada komputer 10. Komputer 1 dan 2 = VLAN1, komputer 3 dan 4 = VLAN2, komputer 5 dan 6 = VLAN3, komputer 7 dan 8 = VLAN4, komputer 9 dan 10 = VLAN5.

8. Setelah dibagi menjadi 5 VLAN, selanjutnya drag gambar amplop yang diberi tanda ke komputer 1 dan 2 .. Ketika di drag ke komputer 1 akan muncul tampilan ,. Kemudian isi IP Address komputer tujuan. Lakukan hal yang sama pada komputer 2 dan komputer yang lain.

9. Kemudian test koneksi antar komputer dalam VLAN yang sama dengan klik Simulation .
semoga artikel ini bermanfaat 
trimakasih 

1 comments:

Powered by Blogger.